Downloads

Berikut ini beberapa tautan download, antara lain program-program buatan penulis dan beberapa peraturan / SNI yang sering penulis gunakan, juga beberapa tautan berguna lainnya. Buat yang pingin nampang di sini (maksudnya juga memiliki freeware buatan sendiri atau tautan lain yang ingin dibagikan) juga boleh, dengan menghubungi penulis terlebih dahulu.

Pendukung Buku :

  • File untuk Belajar SAP2000 Seri 3 (file DXF atap & input portal)
  • Input untuk Belajar SAP2000 Seri 2 (input model portal beton 3D)

E-Book :

Software :

Code / Peraturan / Pedoman :

Brosur / Lain-lain :

* = baru ditambahkan

163 tanggapan untuk “Downloads”

  1. software

    pppurg 1987 v. 3.0 dan basa walikan dah saya download, tapi kok nggak bisa dibuka ya ?

    Mohon informasinya.

    terima kasih

    1. Sudah saya tes, hasilnya bisa kok, mungkin bs lebih spesifik error-nya bagaimana/ di mana? Saat instalasi atau saat membuka programnya?
      Coba cek saja apa kemungkinan di-block oleh program antivirus (non-aktifkan sementara), atau karena ada proteksi dari Windows-nya (User Account Control).

  2. TERIMAKASIH BANYAK BAPAK ATAS DOWNLOADANNYA.
    NANTI MOHON BANTUANNYA APABILA ADA KESALAHAN DALAM PENGINSTALAN MAUPUN YANG LAINNYA, SALAM KENAL SAJA KOMARUDIN

  3. Thanks ya Mas Purbo, kalau ada hal yg menarik tentang file atau software yang baik untuk pengembangan pengetahuan, supaya bisa didownload lagi, hehehe
    Sukses Mas…

    1. Makasih tanggapannya, kelebihan v14? Lebih lengkap, lebih besar, lebih berat hehehe… kalau detilnya terus terang kurang tahu, karena belum pernah pake. Kalau melihat dari video tutorialnya, ada fasilitas misalnya Model Alive, yang bisa merubah model tanpa harus running lagi (otomatis), dll. Untuk lengkapnya bisa nyoba berkunjung ke http://www.csiberkeley.com/SAP2000_news/v14/

  4. Software analisa baloknya mana mas? kok ndak ada link unduhnya. hehe maunya ngunduh. Wiratman muda nih… terus berkarya mas.

  5. Mas saya mahasiswa Teknik sipil saya membutuhkan program analisa balok tapi diblognya mas kok gak bisa didownload ya , tolong donk diupload programnya,terima kasih

  6. Salam kenal Mas 🙂

    Terima kasih untuk bahan-bahan yang luar biasa ini. Huebaadddd euy (seriussss)….

    di kesempatan ini juga saya ingin nanya, siapa tahu mas punya bahan-2 struktur kayu (di luar SNI Kayu di atas)? Kalo emang ada, boleh gak di share Mas ???

    Terima kasih sebesar-besarnya sebelumnya

    Salam

    r-son

  7. Maaf saya mau tanya untuk perubahan data dari SNI itu biasanya merubah dalam jangka waktu berapa?,

    Terima kasih Untuk Informasinya, sangat membantu saya

  8. Aslmualaikum..
    mas purbo, artikelnya bagus2…
    ada yang akan saya tanyakan, apakah ada sofcopy ASTM standard?
    terimakasih atas semua ilmu di blog ini…

  9. Mantap sekali mas sharingnya…
    Oh ya, saya mau tanya apa ada SNI yang membahas kolom?
    Kalo ada, boleh juga tuh dishare di sini… 😀
    Terima Kasih

  10. ass…
    mas…sy bisa di carikan software perhitungan alinyamen HOR sama VER….???
    tolong d bantu ya…..???
    klu ad yang jual boleh aku beli gag…???

  11. terima kasih mas popo tulisan sangat bermanfaat… kalo boleh tau mas popo sering pakai mstower tidak kalo sering boleh sharing juga disini…

  12. terimakasih banyak pak.saya sudah mencoba software nya..alhmdllh lancar..dan menarik sekali untuk mempelajari PPPURG 1987..
    saya coba mempelajari contoh perhitungan di PDF nya…namun sya masih belum paham tentang perhitungan beban mati untuk dinding partisi.
    di Pdf contoh hitungan bapa menjelaskan untuk dinding partisi tidak perlu dihitung lagi karena telah masuk dalam Beban Hidup ruangan (untuk dinding pemisah ruangan dan perlengkapan dengan berat <100 kg/m2).
    yang saya pahami sementara dari uraian itu,,"balok yang menerima beban dinding hanya balok yang berada di Tepi/keliling bangunan yang ada dindingnya,dan untuk balok area dalam bangunan tidak diberikan beban dinding"bagaimana klo dinding partisinya batu bata pak…?tetap diberikan atau cukup dimasukan bebabn ruangan saja?mohon pencerahannya pak..terimakasih..semoga sukses selalu untuk bapa yang sudah mw berbagi..

    1. Untuk pembebanan dinding, ada pemahaman yang meleset. Halaman 12 PDF Petunjuk bunyinya: “dijadikan sebagai beban merata ke balok di lokasi dinding”. Jadi maksudnya beban dinding bata ya dibebankan di lokasinya masing-masing, tidak hanya di luar. Ada gambarnya juga kan di halaman yang sama, itu merupakan gambar pembebanan dinding bata (lihat juga kesesuaian dengan denah di halaman 11). Dinding partisi ringan cukup sebagai beban hidup ruangan, tapi dinding bata tetap dibebankan sebagai beban dinding biasa.

      Demikian semoga bisa meluruskan dan menambah pemahamannya.

  13. terima kasih pak purbo…saya baru menjumpai blog bpk dan sungguh sangat membantu saya dan terima kasih buat materinya..

  14. PPPRUG v3 sudah saya download dan saya instal..Tapi kok g bisa dibuka,malah ada tulisan “run-time 339 : component ‘tabctl 32.ocx’ or no one of its dependencies not correctly registered: a file missing or invalid ”

    terimaksaih

  15. pak purbo, salam kenal… saya Qorri mhs sipil ITP Padang,
    terima kasih untuk file FEMA -nya , blog bapak sangat membantu, sekali lagi terima kasih pak.

  16. Mr purbo hebat,salut saya..dengan iklas memberikan karyanya, ilmu yang dipunyai, informasi yang dipunyai tanpa ditutup-tutupi dan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Padahal tak sedikit orang membatasi ilmunya untuk dipublikasikan , secara bebas dan free, dan tak sedikitpun orang juga ada harapan dan pengakuan dari orang lain..insaallah ilmu yang anda berikan akan bermanfaat bagi orang lain dan menjadi amal ibadah anda..
    sukses..

    heri kasyanto

  17. thank’s pak atas dedikasinya di dunia teknik sipil.
    semoga ilmunya barokah, btw bahas donk pak tentang tekla structure di forum luar sono masih jarang yang bahas pak. mngkin nanti bisa jadi jujukan para steel detailer muda.

  18. pak boleh nanya g mengenai brosur spesifikasi teknis produk rangka atap baja ringan, mungkin bapak punya….terutama yg berisi spesifikasi teknis tentang beratnya,,,,,
    karena dari beberapa distributor di daerah saya, tidak ada yang yang mencantumkan berat produknya pada brosurnya….
    mohon pencerahannya ,,,,,,,,,

  19. Salam kenal pak..saya alumni t.sipil ugm 1999, sekarang bekerja di bidang Telekomunikasi & Infrastrukturnya, apa bapak punya program MS. Tower? atau semisal yang freeware?

    Makasih

    Tarto

  20. oh ya pak programnya (PPPURG 1987 v.3.0 ) telah saya download, dan berhasil diinstall, permasahannya ketika say eksekusi, error, begini bunyinya “Run-time error ‘339’ Component ‘tabctl32.ocx’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid…gmn pak purbo, ada solusinya?

    Makasih

  21. Maaf Pak Purbo, file yang dimaksud telah saya copy ke System, tapi tetap tidak bisa, dengan error yang sama, kenapa ya pak? apa laptop perlu direstart?

    Nuwun

  22. Sudah juga saya coba ke System32, juga tidak bisa pak purbo..oh ya, dulu pas saya kuliah kok belum pernah ketemu Pak Purbo ya?apa mungkin pak Purbo baru menempuh pendidikan Magister di Luar Negeri.

    Nuwun Pak

  23. Trimakasih atas ilmu2nya dan bahan yg bisa di download. Mohon bantuannya, bagaimana caranya supaya bisa download bahan2 untuk jetty,pelabuhan dan breakwater. Terimakasih banyak

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.