Akhirnya Terbit Juga …

Alhamdulillah, setelah berjuang dan menunggu seabad lamanya (lamaaa banget maksudnya…), akhirnya bisa datang eh terbit juga buku ini. Buku apa sih? Harry Potter jilid 8? Eh bukan, itu kan udah tamat… buku yang ini lho

Buku SAP2000

[ Cara pemesanan lihat di sini ]
.
Buku tutorial SAP2000 dengan gaya sajian CepatTepatMahir akan membuat pembaca serasa belajar privat langsung dengan ahlinya. Kenapa? Tidak hanya sebatas cara penggunaan program saja, tapi arti angka-angka juga turut serta diuraikan. Ingat, seperti yang pernah diuraikan dalam sebuah tulisan lampau akan betapa pentingnya hal ini, SAP2000 adalah program hitungan. Jadi, baik input maupun output yang dihasilkan tentunya akan selalu ada maknanya. Biar lebih keren, berikut cuplikan dari Kata Sambutan yang diberikan oleh Prof. Ir. Bambang Suhendro, M.Sc., Ph.D. :

”… sudah sepantasnya jika user selain memahami teori dasarnya juga harus mempelajari dan memahami cara pemakaian program yang benar dan memadai, sehingga output dari software dapat dipertanggungjawabkan baik dalam skala validitas maupun kewajarannya. ”

Cover SAP2000

Oleh karena itu, dalam buku ini dilengkapi pula dengan beberapa feature berikut :

  • Tips/trik cepat & tepat

Tips-Trik

  • Panduan langkah pengerjaan & pembahasan parameter input

Input

  • Pembahasan sumbu lokal elemen

Sumbu elemen

  • Penjelasan pembacaan nilai output

Output

  • Daftar toolbar dan shortcut

Toolbar

Dan masih ada beberapa konten lagi yang bakal memudahkan pembaca mempelajari dan memahami program. Pokoknya, nggak rugi deh beli buku ini. Pembaca untung (dapat ilmu), penulis untung (dapat royalti), win-win solution kan… (ini kalau dalam bahasa VB, “marketing=true”).

Harga? Cuma Rp. 65.000,-  kok…

Sedikit cerita mengenai pembuatan buku, kalau tadi di awal disebut “seabad lamanya” itu karena memang sudah lama sekali memulainya. Berawal dari konsep awal yang didiskusikan bersama Prof. Iman Satyarno dan saudara Indra Pratomo yang masih dalam ukuran kuarto (A4), kemudian harus disesuaikan dengan format A5 alias separonya, merangkai kata untuk menjelaskan maksud hati (harap maklum, buku bukanlah sekadar seperti modul training yang dapat kemudian dijelaskan saat tatap muka, format buku haruslah mampu dipahami sendiri oleh pembaca bukan?), editing gambar capture biar muat tapi tetap jelas, bolak-balik penyesuaian setting layout margin kertas, sampai pada pengurusan ISBN (yang terakhir ini sebenarnya yang paling ditunggu dan paling bikin dag-dig-dug). Maklum saja, buku ini tidak diterbitkan lewat penerbit yang sudah ada dan mapan semacam Elex, Gramedia, dll. namun diterbitkan sendiri (istilah kerennya self-publishing, dengan mengusung nama Zamil Publishing). Pusingnya memang banyak (termasuk dananya…), namun diharapkan keuntungannya bisa ikut banyak juga hehehe… Tidak lupa pula ucapan terima kasih kepada saudara Indra yang juga berperan sebagai publisher yang telah membantu terwujudnya buku ini.

Oh ya, mumpung bulan ini juga bulan puasa, bisa juga kan ngabuburit sambil baca buku ini hehehe… Sekalian juga deh penulis mengucapkan selamat berpuasa, mohon maaf atas segala khilaf, semoga di bulan Ramadhan nan suci ini kita mendapat limpahan berkah dan rahmat serta dapat menjadi insan yang lebih baik. Amiin

Eh, ternyata ada juga lho yang nulis resensinya, contohnya lihat di sini. Thanks !

*** UPDATE ***

  • Kisi-kisi Isi Buku :
> Basic Analisis & SAP2000 :
Sistem Koordinat – Sumbu Global – Sumbu Lokal – Derajat Kebebasan (DOF) – Objek dan Elemen (Joint, Frame, Area, Solid) – Selection & Assignment – Pembebanan (Load Case, Function, Analysis Case)
> Modelling (Frame & Shell) :
Model 2D & 3D – Perhitungan beban – Editing elevasi & gridline – Definisi material & pembedaan penampang balok/kolom beton – Variasi cara pemilihan & penggambaran elemen – Draw & Select Mode – Replikasi/copy elemen – Pembebanan titik (joint), merata (distributed), luasan (area) – Mengganti & menghapus beban – Menampilkan pembebanan – Meshing elemen shellSetting tampilan layar – Penjelasan parameter input (shell, membrane, plate) – Penentuan DOF untuk 2D & 3D
> Analysis & Output :
Output deformasi, reaksi fondasi, gaya batang – Interpretasi & pembahasan nilai output (berdasar sumbu lokal/global & arah positif/negatif) – Penyajian output secara grafis & tabel data – Penjelasan istilah output (Shear 2-2, Moment M3, dst.) – Penyimpanan & pencetakan gambar output – Video animasi struktur
> Tips & Trik :
Perhitungan operasi matematika langsung – Bulit-In Calculator – Memberi catatan/keterangan pada model – Memeriksa pembebanan secara cepat – Mengganti warna tampilan – Memilih elemen tertentu dengan cepat – Tips saving file – Daftar Toolbar / Menu / Shortcut
    •  Our Customers :

Jogja – Aceh – Ambon – Bandarlampung – Banjarmasin – Bogor – Cilegon – Cirebon – Denpasar – Jakarta – Jayapura –  Jember – Kediri – Malang – Manado – Medan – Palangkaraya – Palembang – Palu – Pekanbaru – Samarinda –  Solo – Sukabumi – Surabaya – Tangerang – Tarakan …

Paket Buku SAP   Paket Buku SAP

Outlet T. Sipil FT-UGM (Jogjakarta) :

–          Perpustakaan Jurusan T. Sipil Lt. 1
–          R. Referensi Laboratorium Struktur Lt. 3

197 responses to “Akhirnya Terbit Juga …

  1. Pak Purbo Saya sasriadi dari jak-sel, saya sudah pesan buku ini dg sms & sudah transfer uang (Rp. 65.000;) ke no rek. yg tersebut di atas pada tgl.15 April 12 a/n indra pratomo..tp koq sampai skg buku tersebut belum sampai ke saya ya? -mohon bantuannya pak..thanks

    • Sebenarnya sudah kami kirim, namun kirimannya kembali lagi karena alasan alamat kurang jelas dan nomor tidak bisa dihubungi. Mohon agar bisa diinformasikan lagi alamat beserta nomor kontaknya untuk bisa kami kirim ulang. Terima kasih.

  2. Pak purbo saya mau pesan bukunya, ongkos kirim ke medan, sumut berapa ya?
    Atau kalau dimedan dimana saya bisa mendapatkannya?
    Saya sudah cari digramedia tapi gak ada.
    Kapan kira2 jilid II nya terbit? Tlg infonya ya pak.
    Terima kasih….

  3. pak purbo . saya dari kemarin sms tp ga ada tanggapan ya…
    apakah udah abis stocknya..
    klo sampe jakarta brp pak?

  4. Pak, saya dari Surabaya

    apa sudah ada agen yg di surabaya pak?
    apa bukunya masih ada pak?
    mohom konfirmasinya ya pak.. makasi..

  5. mas sya tumangger
    mau nanya
    kaLo pengiriman paket bukunya ke bandar Lampung ongkos kirimnya brapa yaa???
    trus gmn cara transaksinya..
    trimakasih

    • Ongkos kirim ke Bandar Lampung untuk 1 buku sekitar Rp. 19rb. Cara pemesanan sudah dicantumkan dalam tulisan, silakan bisa SMS/kontak melalui nomor 08 161 383 162 / 0274 940 1000 (Sdr. Indra).

  6. maaf sebeLumnya mas, kemaren saya sudah ingin memesan buku ini dan megsms no 08161383162,, namun ketika saya tnya ongkos krimnya saya dikenai ongkos krim 32 rbu, di tmbha harga bku 48 rbu dan totaL biaya yg saya keLuarkan 80 rbu,, sebagai mhsiswa anak kosan sya jga terkejut dgan ongkos kirim bku tersebut pak/mas,, jadi saya bingung ini mas brapa uang yg benar2 saya krim untuk pket satu buku sap tersebut..
    sedangkan saya sangat mengiginkan buku karya bpak tersebut…
    saya mohon solusinya pak untuk mendapatkan bku tersebut dengan ongkos kirim yg sesuai…
    terimakasih banyak sebelumnya pak…!!

    • Coba bisa dikontak lagi, disampaikan saja bahwa sudah saya cek ulang tidak sampai sekian kok, kemungkinan ada salah lihat data saja. Terima kasih.

  7. pak masih bisa pesan tidak?
    berapa harga+ongkir ke semarang, kemarin saya sudah hubungi nomer agen semarang, tapi tidak ada respon

    thanks^^

    • Untuk informasi harga bisa SMS/kontak melalui nomor 08 161 383 162 / 0274 940 1000 (Sdr. Indra). Sebaiknya coba hubungi lagi untuk agen di Semarang, lebih murah kalau bisa tanpa ongkos kirim kan… Terima kasih.

  8. pak saya sudah menghbgi Lg sdra indra tpy bLum ada tanggapan sampai hari ini,,
    apa ada no Lain Lg ya pak buat di hbgi ??
    soalnya agen di bandar Lampung gk ada di gramed dan toko2 buku disini jga gk ada pak..
    terimakasih pak !!!

    • Penjualan buku memang sementara kami layani secara langsung. Oke, begini saja, silakan email data nama dan alamat lengkap (termasuk kode pos dan nomor yang bisa dihubungi) serta jumlah pemesanan ke alamat ini. Nanti akan kami infokan untuk detail transfernya. Terima kasih dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

  9. sore pak, mau tnya: kapan Belajar Sap 2000 seri 2 nya terbit..? trus, untuk pmsanan buku Perencanaan Struktur Beton karangan Prof. Iswandi Imran di mana yah..? Trims

  10. Pingback: Buku SAP2000 Seri 2 | The Web Logs of Purbo

  11. 1. Berdasarkan gambar Kurva Response Spektrum Rencana (SNI-03-1726-2002) Nilai T hanya sampai 3 (dtk): T sampai 3 (dtk) ini di tentukan berdasarkan getaran struktur saat gempa atau bagaimana pak (bangunan di rencanakan berdasarkan perioda ulang gempa 500 tahun)? Ada juga yang membuatsampai T 10 dtk (apakah ini bangunan direncanakan dengan perioda ulang gempa 2500 tahun)?Mohon pencerahannya bos..
    2. Modifier properties, untukEfektifitas Momen inersiauntuk dindings truktur (0.35Ig, di menu Sap 2000 nilainya di masukan di mana yah pak..(m12…m11..)?

    • Pembuatan grafik RS bebas mau membuat sampai berapa detik, yang penting perioda getar alami struktur sudah tercakup dalam grafik. Misal waktu getar gedung 2 detik maka grafik dengan data sampai 3 detik sudah mencukupi, tapi kalau hanya dibuat sampai 1 detik saja misalnya jelas kurang. Modifier dinding struktur untuk elemen shell setahu saya memang kurang ada yang sesuai untuk penerapannya, karena yang diperlukan adalah momen memutari sumbu kuat dinding sedangkan yang ada pada elemen shell hanya pada sumbu lemah.

  12. Pingback: 3rd Year | The Web Logs of Purbo

  13. Pingback: Putus-Nyambung | The Web Logs of Purbo

  14. salam kenal pak purbo … untuk buku plaxis terutama versi 8.2 apa ada ya …? saya rencana mau beli buku sap 2000 … masih ready kah bukunya … ? thx

    • Salam kenal juga, untuk buku Plaxis belum ada, sedangkan buku SAP2000 tersedia, silakan pemesanan bisa melalui cara seperti yang tercantum di tulisan (SMS Nama / Alamat / Judul & Seri / Jumlah ke 0853 8593 1000). Terima kasih.

    • Terima kasih atas minatnya menjadi agen, kebetulan kami juga sedang mencari yang bersedia menjadi agen karena banyak juga pesanan dari daerah, silakan bisa kontak ke nomor 0853 8593 1000 untuk keterangan lebih lanjut. Terima kasih.

  15. pak purbo.
    saya sudah membayar dan sudah mengirim bukti pembayaran tgl 10 april 2013.
    namun sampai sekarang saya belum menerima bukunya pak. terimakasih

    • Silakan SMS ke 0853 8593 1000 dengan format Pesan Seri 1+2 / Nama / Alamat / Jumlah, nanti akan diinfokan biaya dan instruksi selanjutnya. Terima kasih.

  16. Pingback: Cara Pesan Buku SAP2000 | The Web Logs of Purbo

  17. Pak purbo,sy disemarang,sy berniat pesan buku. Untuk agen disemarang apakah ada?klu ada dimana/contact person nya berapa ya pak?
    Terima kasih

    • Versi yang dipakai memang masih yng lebih awal dibandingkan yang sekarang beredar, namun jangan khawatir, hanya sebagian kecil saja yang memmerlukan penyesuaian, misal pada buku dicantumkan Load Case untuk versi yang mutakhir namanya menjadi Load Pattern, sedangkan Analysis Case sekarang berganti menjadi Load Case, lebih dari itu sebagian besar masih sama dan dapat dipergunakan. Kalau tiap ada versi baru harus menyesuaikan memang merepotkan, lagipula perubahan menu dll. tidak terlalu banyak.

  18. asslamualaikum wr.wb.,
    mau tanya pak,bukunya ready stock?cara pemesanan gimana?apakah melalui email atau sms?contact yang bisa dihubungi yang mana pak?
    terimakasih

  19. Selamat pagi pak,,
    sy di jayapura dn berniat untuk pesan buku.y..
    kira2 stok buku.y masih ada?

    Trima kasih…

  20. Terima kasih pak Purbo, bukunya sudah sampai lebih cepat dari perkiraan..
    ditunggu seri ke 3nya ya pak…

    salam dari jayapura

  21. Halo kakak ini posisi kita disurabaya ada info agen disurabaya ? Soalnya saya beli jilid 1 dan 2 nya, tolong infokan segera trimakasih

    • Pemesanan luar kota bisa via pos, namun maaf sementara ini sedang diadakan restock ulang buku. Jika stok sudah siap akan kami kabari kembali. Terima kasih.

  22. Selamat malam Pak Purbo…
    Ada yang ingin saya tanyakan untuk beban tambahan pada plat, misalnya pada plat lantai atap suatu bangunan terdapat water torn ukuran 1000 liter yang ditempatkan diatas pondasi ukuran 2.5X2.5 m dan tebalnya 20 cm. Jika saya ingin memasukan water torn dan pondasi tersebut sebagai beban tambahan pada plat apakah saya harus memasukan semua beban tersebut sebagai beban merata pada plat atau membuat mesh pada plat seluas pondasi tempat berdirinya torn baru kemudian dimasukan beban? Kemudian untuk memasukan area load, apa bedanya antara uniform (shell) dengan uniform to frame (shell)? Apakah saya keliru jika saya memasukan semua beban dengan uniform (shell) bukan uniform too frame seperti yang bapak contohkan pada buku 1.
    Terima kasih pak, apabila berkenan saya tunggu jawaban Pak Purbo.

    • Melihat beban yang relatif tidak terlalu besar (dan terutama untuk bangunan sederhana seperti rumah atau ruko), juga bila di dekatnya ada balok2 pendukung saya kira bisa saja cukup dimasukkan langsung sebagai beban merata luasan pada pelat sebagai beban uniform-to-frame. Jika kasus lain bebannya besar atau jaraknya cukup jauh dari balok2 pendukung maka alternatif bisa dimasukkan sebagai beban titik (pelat harus dibagi secara fisik lalu beban diletakkan pada nodal hasil pembagian pelat). Untuk bahasan tentang meshing bisa juga coba dibaca tulisan ini.

    • Kami belum memiliki waktu pasti, namun mohon maaf kemungkinan masih agak lama, karena harus menyesuaikan dengan SNI baja terbaru (2015) selain ada beberapa hal lainnya. Jika sudah terbit nanti pasti akan diinformasikan di sini juga kok.🙂 Terima kasih atas atensinya.

      • o iya pak, mau tanya. untuk pembebanan pelat, selection pelat dilakukan secara wiindowing atau dengan klik area tengahnya pelat? pengaruhnya ada dimana y pak? trmksh sebelumnya

      • Kedua cara tersebut sama saja (untuk tujuan pembebanan pada pelat saja). Bisa juga pemilihan dilakukan dengan seleksi pada area section tertentu (jika tipe pelatnya banyak dan ingin memilih satu atau beberapa tipe tertentu saja) lewat menu select.

  23. Pak Pubo , apakah buku SAP2000 seri 1 masih tersedia ? berapa harganya berikut ongkos kirim ke jakarta ,terima kasih

  24. Assalamualikum pak Purbo,
    Selamat siang

    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait input Sap 2000 mengenai koefisien gempa (C) dan hal2 tambahan lainnya sebagai sharing agar tidak keliru dalam pemahaman:

    1. Dalam SNI GEMPA 2002—– Untuk input Koefisien Gempa Dasar (C) di Autolateral Load baik di Sap 2000 ataupun Etabs dengan input User Coefficient tersebut, sebenarnya Koefisien Gempa Dasar (C) yang di pakai itu lebih tepatnya yang mana dari 2 pilihan di bawah ini: (dari dua sumber pemakai yang berbeda):
    Contoh untuk Wilayah Gempa 4 Tanah Lunak Kurva RS
    1. C=0,85/T (T untuk arah X dan Y hasil dari Perioda fundamental Struktur
    dari analisis 3D)
    2. C=0,85/T (T untuk arah X dan Y), setelah itu koefisien ini di cari lagi dengan
    rumus X=C.I/R=….Y=Cy.I/R=…nah dari nilai inilah yang di input ke Sap 2000
    ataupun Etabs sebagai Nilai Base Shear Coefficient (C) untuk arah X dan Y.
    Poin yang pertama itu sumbernya dari Buku Bapak Prof. Budiono tentang
    Nilai Koefisien Gempa (C), dan yang poin ke 2 itu dari tutorial Arga Jokja
    Kalau saya awalnya sih Cnya itu pake poin no 1.

    2. Di SNI Gempa 2002 syarat batas waktu getar Struktur (Contoh WG 5 syaratnya
    T< 0,16N—N adalah jumlah lantai. Di SNI Gempa 2012, saya belum menemukan
    Pasal yang mengatur syarat batas Waktu Getar Alami Struktur. Yang ada yaitu:
    Batasan perioda Struktur yaitu Perioda Dasar, T Cu.Ta, gunakan T = CuTa
    Jika Ta < Tc < Tu.Ca gunakan T = Tc
    Jika Tc < Ta, gunakan T = Ta

    Dari hal tersebut berarti model waktu getar yang di inginkan seperti di SNI gempa 2002 sudah berbeda dengan SNI Gempa 2012

    3. Baik di Sap 2000 maupun Etabs menyediakan Option Auto Lateral Load dari beberapa pilihan slaah Satunya User Load yang di dalamnya ada Option Kombinasi Gempa 100% + 30%. Sebenarnya inputnya dalam satu baris itu 100% arah X + 30% Arah Y (tegak lurus X) kan pak, tapi yang saya lihat dari sebuah Tutorial Arga Jokja itu kok 100% Arah X + 30% Arah X dan sebaliknya untuk Arah Y. jadi Input 30%nya itu tidak dalam arah tegak lurus tapi dalam arah yang sama.
    Bagaimana menurut bapak tentang pemahaman ini dalam Versi Aslinya. Kalau saya 100%x + 30% Y (tegak Lurus).

    4. T Perioda Struktur (Response Spektrum Desain), untuk Analisis Gedung Gugh Rise Bulding sebaiknya Tnya di buat sampai 10 detik ya pak, karena di bukunya bapak untuk gedung 3 lantai itu Tnya sampai 3 detik saja. (Dalam materi2 seminar itu mereka buat T..nya sampai 10 detik, jadi Kurvanya sangat melengkung.

    5. kembali di pertanyaan No 2 di atas untuk input Nilai Koefisien Gempa dasar (C) di Sap 2000 ataupun Etabs (Khusus pake pilihan USER COEFFIECENT di Auto Lateral Load), Nilai C untuk peraturan Gempa 2012 itu pakai langsung dari Kurva Response Spektrum Sa=SD1/T (Tx dan Ty), atau C yang di input dari rumus mana pak, Kan di SNI 1726-2012 Ps 7.8.1.1 itu kan untuk Koefisien Respons Seismik, Cs untuk gaya geser dasar.
    Jadi Sa di kurva Response Spektrum itu (SNI 2012) adalah Base Shear Coefficient (C) sendiri ya pak? dan C yang di Sap 2000 itu Nilai Defalut=0,1 adalah Nilai Minimal atau Maksimal pak?

    6. Mohon bantuannya pak Purbo:
    Apakah ada pilihan kuliah Online untuk Magister Sipil S2? Kira2 Total dana untuk kuliah S2 di UGM berapa ya pak untuk Magister Sipil Bagian Rekayasa Struktur. Dari Awal Kuliah sampe 4 semester selesai lengkap dengan Ijazahnya PLUS PRAKTEKNYA NANTI. Gelar MT atau MEng pak (Gelaran Indonesia atau Inggris)? Saya Karyawan salah satu perusahan tambang di Papua.

    • Wa’alaikumsalam, maaf terlambat membalasnya, selain kesibukan juga karena pertanyaannya cukup berbobot hehehe… tapi tidak apa karena sy juga bisa mendapat sesuatu yg kadang belum terpikirkan.

      1. Rumus tersebut lebih tepatnya adalah Ar/T dengan nilai Ar sesuai wilayah gempa dari tabel 6 SNI gempa 2002 (contoh Anda WG 4 tanah lunak Ar=0,85). Terkait apakah faktor pengali I/R, menurut saya tergantung saat definisi load case. Bila pada load pattern dgn user coeff sudah dikalikan, maka saat load case cukup nilai faktornya 1, sedangkan bila pada load pattern belum dikalikan, maka mestinya faktor ini muncul pada load case. Intinya, jangan sampai dobel, atau malah kurang.

      2. Untuk batasan maksimum waktu getar, tidak seperti di SNI 2002, di SNI yg baru (2012) memang tidak secara spesifik menyebutkan hal tsb. Batasan peiorda getar seperti yg disebutkan adalah kaitannya lebih kepada masalah base shear. Misal dari hasil analisis modal didapatkan nilai T tertentu, yang mana nilai ini ternyata melebihi batas seperti yg diuraikan maka untuk perhitungan V (base shear) maka diambil nilai batas. Akibatnya, V lebih besar, dan syarat 85% V juga akan lebih besar.

      3. Untuk masalah kombinasi ortogonal ini, nampaknya ada pemahaman yang perlu diperjelas. Intinya, kombinasinya adalah “100% FX pada arah sb-X” ditambah “30% FX pada arah sb-Y“, lalu sebaliknya “100% FY pada arah sb-Y” ditambah “30% FY arah sb-X“. Jika besarnya FX dan FY adalah sama, maka jika dipasang terbalik, misal “100% FX pada arah sb-X” ditambah “30% FY pada arah sb-Y”, tentunya hasilnya tetap akan sama. Kemungkinan yang dimaksud dalam tutorial tsb adalah “100% FX pada arah sb-X” ditambah “30% FX pada arah sb-Y”. Secara umum, besar FX dan FY gempa mestinya sama, sehingga yang perlu diperhatikan adalah pemasangan arahnya, 100% arah utama dan 30% arah tegak lurusnya. Semoga cukup jelas dan tidak tambah bingung…

      4. Pengambilan nilai maksimum perioda getar (T) pada input RS sebetulnya lebih tergantung pada periode getar struktur yang dianalisis itu sendiri, intinya periode fundamental (T1) dari struktur dapat tercakup pada input grafik tsb. Jadi bila misalnya T1 gedung adalah sekitar 3 detik maka sebaiknya input grafik RS setidaknya adalah sampai 4 detik, jika mau diisi lebih bisa saja, yang penting tidak boleh kurang.

      5. Analogi dengan SNI sebelumnya di mana nilai ini adalah Ar/T, maka nilai ini untuk SNI 2012 mestinya adalah Sa atau SD1/T. Jangan juga terpaku pada nilai default yang ada, karena itu tergantung dari code yang dipakai (bukan batasan maks/min), jadi memang harus disesuaikan.

      6. Untuk kuliah, secara umum memang sebaiknya secara ‘offline‘ alias tatap muka langsung, jika mau yang afdol. Jika ada yg menyediakan online, sangat disarankan untuk bisa dicermati dan diteliti kredibilitasnya terlebih dahulu. Hal ini terutama terkait dengan akreditasi dan ijazah, karena jika ternyata tidak diakui maka sia-sia semua perjuangan. Terkait biaya studi, bisa coba search saja, misal “s2 ugm”, mestinya akan ada hasil website resminya. Biasanya akan ada keterangan biaya studi misal per semester atau per paket. Harap diingat, kemungkinan masih akan ada biaya penelitian utk thesis dll. yg bisa memakan dana yg cukup besar juga, selain mestinya juga perlu diperhitungkan biaya hidup di kota ybs. Kalau secara umumnya, program magister biasanya ‘lebih mahal’ dibandingkan program reguler, namun bisa relatif ‘lebih cepat’.

      Salah satu kendala kemungkinan adalah faktor jarak dan waktu. Saya kurang tahu kebijakan di perusahaan Anda, tapi kadang ada kesempatan bagi karyawan untuk mengambil studi lanjut. Tentu saja ini perlu dikomunikasikan dengan atasan Anda, dan juga bila memang Anda mampu meyakinkan bahwa studi tsb selanjutnya akan mampu memberikan kontribusi lebih pada perusahaan, bisa saja diizinkan, walaupun mungkin akan ada penalti, misal gaji tidak terhitung, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s