Studio LeveL2

Studio_1Studio_4

Ini adalah program kecil yang berupa rangkuman profil singkat dari sebuah studio perancangan struktur, studio LeveL 2 yang beralamat ‘menumpang’ di Teknik Sipil UGM, yang penulis ikut berkecimpung di dalamnya. Database kecil ini memuat antara lain penjelasan singkat, profil para punggawa-nya dan riwayat pekerjaan atau proyek yang pernah ditangani.

Studio_2Studio_3

Cara pembuatan program ini mirip dengan program PPPURG 1987, terutama dengan memanfaatkan SSTab, dengan kombinasi pemakaian Image, Picture Box, Text Box, dll. Untuk text box yang memuat teks saru baris seperti nama isian teks dilakukan langsung pada properties text, sedangkan untuk yang memuat banyak tulisan dilakukan lewat kode program, seperti contoh berikut :

With Text1

.Text = “”

.Text = .Text + ”  Studio LeveL 2 beralamatkan di Lantai 2 ” + vbCrLf

. . .

.Text = .Text + ”  seluruh anggota studio sebagai wujud ” + vbCrLf

.Text = .Text + ”  kesinambungan silaturahmi. ” + vbCrLf

End With

Text1 adalah nama dari text box terkait. Konstanta vbCrLf digunakan untuk memberikan perintah pemutusan baris (kata / kalimat berikutnya dituliskan di baris selanjutnya), untuk memastikan pemutusan kalimat sesuai keinginan, selain untuk alasan kerapian tulisan dan kemudahan editing. Bila ditulis langsung sampai selesai, ada kemungkinan pemutusan kalimat yang kurang sesuai, di samping pada layar VB baris akan memanjang jauh ke kanan yang mempersulit penyuntingan. Objek gambar (foto) dimasukkan pada prorpeties picture untuk elemen picture box dengan memilih sebuah gambar dari file/folder tertentu. Nah, justru di sinlah yang sulit, karena ukuran foto belum tentu sesuai baik dari segi ukurannya maupun aspect ratio (perbandingan panjang : lebar), sehingga harus dilakukan resize maupun crop pada foto aslinya guna menyesuaikan dengan ruang pada picture box. Sebenarnya untuk perubahan ukuran bisa dilakukan lewat VB dengan perintah scalewidth dan scaleheight, namun karena ukuran foto bermacam-macam dan jumlahnya banyak, maka penulis merasa lebih enak dan cepat untuk melakukan edit langsung pada foto.

Adapun maksud dari pembuatan program ini hanyalah sekadar pengumpulan data terutama para personel dan catatan prestasi yang telah dicapai, dengan kata lain semacam album kenangan kecil hehehe… Karena program ini bersifat internal (untuk kalangan sendiri), maka di sini tidak diberikan untuk download, harap maklum.

8 responses to “Studio LeveL2

  1. pak Purbo, saya salah satu orang yang mencoba untuk mendownload pppurg v.3.tapi setelah terinstal kok error yah?mohon penjelasannya.thank b4

  2. erornya:
    run-time error ‘339’:
    component ‘tabctl32.ocx’ or one of its dependencies not correctly registered:a file is missing or invalid.
    Mohon penjelasannya.trims.

    • Salam mas Dicky,

      Dari pesan errornya kayaknya ada komponen yang kelihatannya kurang / belum ada. Seharusnya file tersebut sudah ikut terpasang saat instalasi. Saya kirimkan filenya lewat email, silakan dicek. Copy file tsb ke folder C:\Windows\System32 di komputer Anda, lalu jalankan lagi programnya.

      Selamat mencoba, semoga bisa. Bila masih ada kekurangan lagi bisa hubungi lewat blog atau email.

      • pagi,p.Purbo.
        barusan saya sudah copy paste file yg p.Purbo emailkan,dan software sudah berhasil dijalankan,tinggal diaplikasikan.terimakasih perhatiannya.

  3. Mas Purbo,Level 2 nya Masih Tetep Jalan Kan…Denger2 Personil inti nya sudah alih Jalur Jadi Juragan Jamur dan Juragan Batik,Gimana cerita.Btw izin dounload Tips n trik SAP n Program PPURG, , ( Jadi Pingin Belajar Struktur Lagi ).oh iye Level 2 nya boleh di minta juga Dong Mas..Thanks atas ilmunya.( Salam Super Dari Arah Bangka )

    • Wah ada Aa’ Fahri ni, gimana kabarnya🙂 … studionya jalan sendiri2 hehehe… kalo yang tentang jamur bisa lihat di sini, yang batik silakan tanya langsung ke sumbernya saja biar lebih jelas. Mau download, silakan aja… Salam sukses dari studio !