Arsip

Untuk lebih memudahkan pencarian artikel, berikut disajikan susunan daftar semua tulisan di blog ini, urut dari artikel terbaru. Adapun formatnya adalah : Judul – [Kategori] – Tanggal Terbit.

2 0 1 4

2 0 1 3

2 0 1 2

2 0 1 1

 2 0 1 0

 2 0 0 9

8 responses to “Arsip

  1. salam..
    mas purbo q mau nanya mengenai SAP2000v14..
    skrg ini q lg ngerjain TA analisisnya menggunakan SAP2000v14 tsb..q msh pemula sie mas,,jd q msh agak bingung,,
    gedung yang q tinjau 10 tingkat + atap untuk ruang mesin lift dan tangga tinggi total gdungnya 41,25m
    analisis gempa yng q gunakan metode dinamik respons spektrum berdasarkan peta gempa 2010 dan RSNI 03-1726-2010
    langkah-langkah menjalankan SAP q lihat di bukanya mas purbo Belajar sap2000 seri 2,,cm q bingung setelah di lakukan run analysis apakah harus mengecek Base Shear respon spektrum >85% statik ekivalen terlebih dahulu ?atau harus mengecek semua elemen struktur balok dan kolom aman atau tidak..
    terus dari hasil analisis yang sy lalukan semua kolom dari lantai 1 – 10 output yang dihasilkan dr sap yang 6/5 Beam/Coloum hasilnya N/A semua gmn tuh mas?
    mohon bantuannya ya…kalau bisa secepatnya ya mas karena saya udah ingin maju ujian hasil lagi tp kendalanya di hasil dari SAP tersebut.

    wasalam

    • Salam juga mbak Dinar. Kedua syarat tersebut (gaya geser dan cek keamanan elemen) harus terpenuhi, dengan pertama kali dicek syarat gaya gesernya dahulu (85% statik untuk peraturan baru) baru dilanjutkan cek elemen, karena misal cek elemen aman tapi syarat gaya geser tidak terpenuhi sama saja harus mengulang dan hasil analisis (momen, aksial, dst.) akan berubah lagi. Selain itu sebenarnya ada juga syarat rasio partisipasi massa seperti yang dijelaskan dalam bab 5.2.3.

  2. assallamualaikum pak purbo, saya mahasiswa sipil ugm yg sedang menyusun tugas akhir. kebetulan saya ada beberapa kendala terkait output torsi dan eksentrisitas pada sap2000. dosen pembimbing saya menyarankan untuk konsultasi dengan bapak, saya bisa minta kontak bapak yang bisa dihubungi?trima kasih pak.

  3. selamat pagi bang purbo. saya mau tanya kalo mau liat momen tumpuan dan lapangan langsung dari SAP gmana y caranya?

    • Klik kanan pada batang/frame setelah ditampilkan diagram gaya batang, nanti bisa dilihat nilainya untuk beragam posisi termasuk di tumpuan/lapangan.