PPPURG v 1.1.0

V11_1

Kelanjutan dari program versi awal (1.0.0), pada versi ini sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan yang berarti dibandingkan dari versi sebelumnya. Diluncurkan pada awal 2008, beberapa perubahan yang ada antara lain adalah :

  • Revisi (minor) pada beberapa tabel tampilan beban.

Revisi di sini dilakukan pada objek tabel Excel dan kemudian dilakukan screen capture alias dikonversi ke bentuk gambar. Gambar hasil ‘jepretan’ tabel tadi selanjutnya dimasukkan ke dalam objek Image pada VB (Keterangan tentang penggunaan Image lihat pada pembahasan versi 1.0.0). Revisi yang dilakukan hanya sebatas untuk memperjelas tulisan saja, walaupun hasilnya memang masih relatif sama karena merupakan objek gambar dan bukan objek aslinya langsung. Maksud dari pemakaian objek gambar ini sebenarnya juga untuk mencegah berubahnya format tampilan saat program dipakai di tempat / komputer yang berbeda.

V11_2

  • Penambahan Disclaimer dan keterangan referensi.

Ini mungkin perubahan yang paling penting dalam versi ini. Perubahannya memang tergolong kecil dari ukuran revisi program, yaitu hanya pencantuman keterangan dan referensi, namun menjadi penting karena ini merupakan batasan dari program. Program harus jelas cakupannya, antara lain berupa rangkuman dari peraturan yang diacu sesuai yang disebutkan dalam referensi (PPPURG 1987). Ini menjadi penting, karena bila dilihat dalam versi awal, seolah-olah angka-angka tersebut berasal dari penulis (duh!), padahal sebenarnya hanyalah merupakan rangkuman / cuplikan dari peraturan pembebanan. Dengan demikian adalah penting untuk mencantumkan asal referensi program dan seberapa jauh program memuat cakupan dari referensi tersebut.

V11_3

  • Pencantuman Version History

Berhubung versi program yang sudah ada lebih dari satu (baru dua, versi 1.0.0 dan 1.1.0 hehehe…), maka sudah sepantasnya bila dicantumkan juga riwayat versi dari program. Feature ini selain sebagai rekam jejak (track record) dari perjalanan pembuatan program, juga bisa berfungsi sebagai penanda bahwa program selalu di-update. Ini bisa menjadi salah satu ciri program yang bagus, misalnya dibandingkan program yang hanya sekali diluncurkan dan tidak pernah diapa-apakan lagi oleh programmernya. Coba saja bayangkan kalau saat ini Anda masih memakai Windows versi 3.x atau prosesor Pentium I dan pabriknya nggak pernah mengeluarkan produk baru lagi, bisa bosan donk… Program secanggih apapun pasti akan masih memiliki kesalahan / bug, bisa dari segi tampilan, proses data / hitungan, error, dll. ataupun untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan karena itu otomatis update / upgrade versi menjadi hal yang lumrah. Data yang dicantumkan penulis adalah tanggal peresmian alias launching (wuih… kayak peresmian proyekaja ya hehehe…) dan item yang dilakukan upgrade atau penambahan.

Seperti pada pencantuman keterangan program pada tombol About… di versi 1.0.0, keterangan version history ini juga dilakukan dengan penambahan form baru, dan penampilannya memakai perintah semacam :

Private Sub Command1_Click()

Form2.Visible = True

End Sub

Command1 adalah nama tombolnya, menyesuaikan dengan form yang dimaksud. Tidak ada yang aneh di sini, hanya saja yang konyol adalah untuk penambahan keterangan teks (memakai objek Label di VB), penulis masih memasukkan secara manual pada properties bagian caption, sehingga membutuhkan beberapa objeklabel yang ‘ditulisi’ sendiri-sendiri dengan teks yang sesuai (duh!). Hal ini sebenarnya bisa disederhanakan dengan penggunaan listing kode sederhana untuk mengedit isi teks label dan hanya memerlukan satu buah objek label saja. Lebih mudah, baik dalam hal pembuatan maupun editing selanjutnya. Namun karena (lagi-lagi) ilmunya belum sampai, ya jadilah seperti yang diuraikan tadi… Kekurangan ini pada versi berikutnya tentu saja sudah diperbaiki.

V11_4

  • Bonus konversi satuan

Bonus kecil, pencantuman beberapa konversi satuan seperti panjang, sudut, tekanan, dll. yang sering penulis pakai. Bonus ini hanyalah berupa teks saja, seperti terlihat pada gambar, jadi untuk perhitungannya tetap harus memakai kalkulator atau komputer secara terpisah. Sebenarnya penulis ingin memberikan fasilitas konversi satuan secara sederhana, seperti program konversi yang sering penulis pakai (lihat pembahasan versi selanjutnya), namun karena keterbatasan kapasitas maka sementara baru berupa teks saja. Sama seperti pada pembuatan form version historyform tampilan konversi satuan ini juga masih menggunakan editing pada caption label secara langsung, sehingga ada banyak label untuk penempatan teks dengan isi tulisannya ditulis sendiri-sendiri…

V11_1b

  • Penambahan tombol minimize dan perubahan style tombol program

Pada versi sebelumnya, di sudut kanan atas program hanya terdapat tombol close untuk menutup program saja. Penulis kemudian merasa perlu juga unutk menambahkan tombol minimize (dengan properties MinButton diset menjadi True) yang berfungsi untuk minimasi program sehingga hanya tampak pada taskbarsaja, agar program tidak melulu nongol terus dan tidak bisa disembunyikan. Hal ini juga untuk mempermudah saat bekerja dengan beberapa program lain. Tombol maximize? Memang tidak diberikan dalam program (tidak diaktifkan, properties MaxButton berisi False), agar ukuran layar program tetap dan tidak berubah, karena bila berubah format tampilan juga amburadul. Untuk penyesuaian ukuran gambar memang bisa dilakukan, namun akan menjadi terlalu rumit karena ukuran tabel beban juga tidak terlalu besar dan sudah bisa tampak semua sekaligus dalam satu layar.

Perubahan lain bisa dilihat pada tombol About yang pada versi 1.0.0 masih menggunakan style standar (berupa teks), di sini menggunakan style graphical sehingga bisa dimasukkan icon gambar untuk tombol. Nah, kalau begini kan tampilannya sudah tambah keren dan rapi🙂 … Tambahan lain adalah tombol untuk version history dan konversi satuan seperti yang diuraikan di atas (no.3&4).

Demikian kilas perjalanan program ini dalam versi 1.1.0. Seperti yang telah diuraikan, masih terdapat beberapa kekurangan yang beberapa bahkan tampak konyol… Namun asal tetap mau belajar dan memperbaiki, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah. Pada versi berikutnya, sudah muncul beberapa perubahan mencolok pada program, baik untuk tampilan maupun kode programnya. Apa saja itu? Tunggu lanjutannya di Versi 2.0.0