Game FAQ

Refreshing iseng-iseng ngegame, tapi berikut ini bukan link ke game-nya lho, cuma panduannya saja (guide/ FAQ) yang dibuat oleh penulis (alias “karya tulis” hehehe…) dari beberapa game yang pernah penulis mainkan, yang dimuat di situs GameFAQs.com.

Genre : RTS (Real Time Strategy), Release : 1997

Genre : RTS (Real Time Strategy), Release : 1997

Genre : RPG (Role Playing Game), Release : 2004

Genre : FPS (First Person Shooter), Release : 2005

Genre : RPG (Role Playing Game), Release : 2006

Genre : RPG (Role Playing Game), Release : 2009

Genre : RPG (Role Playing Game), Release : 2009

Genre : RTS (Real Time Strategy), Release : 2010

GameFAQs.com? Situs yang menyediakan informasi tentang games, mulai dari release date, image, review, termasuk guide atau petunjuk yang populer dengan sebutan walkthrough. Guide yang dimaksud di sini berupa petunjuk dalam memainkan game tertentu, yang bentuknya bisa bervariasi. Misal pada game RPG (Role Playing Game) berupa petunjuk untuk melewati suatu level, metode menaklukkan bos level dengan mudah, cara unlock secret level, lokasi-lokasi hidden items, sampai yang mau cheating biar tidak bisa mati pun ada (maksudnya tidak bisa mati di game… ). Semua platform, PC, GameBoy, Nintendo DS, PS, XboX, Wii ada. Pokoknya lengkap deh! Tentu saja untuk game dengan genre yang lain bentuknya bisa bervariasi. Sebenarnya masih banyak situs-situs lain serupa, misalnya supercheats.com, neoseeker.com, dll. Namun penulis lebih senang dengan GameFAQs.com karena tampilannya yang cukup sederhana dan bisa fokus pada yang kita cari saja, sementara pada beberapa situs lain terdapat banyak pariwara alias iklan di sana-sini dan pernak-pernik lainnya… selain itu juga waktu loading yang bisa lebih cepat.

Penulis dulu berkenalan dengan situs ini juga tidak secara langsung, namun sempat ter”ping-pong” kesana kemari saat bertanya sama mbah Google. Nanya apa? Ya nanya apa lagi kalau bukan tentang game. Ceritanya, penulis dulu pernah macet saat memainkan sebuah game RPG/petualangan. Harus melewati suatu gerbang tapi kok sudah kesana kemari kok gerbangnya tidak bisa dibuka juga… Pernah penulis tinggalkan agak lama kemudian karena putus asa, tapi suatu saat jadi penasaran lagi dan mulailah pengembaraan di dunia maya dibantu mbah Google tadi. Setelah sekian lama klik situs ini dan itu, akhirnya mendarat di situs GameFAQs.com dan ketemu dengan idaman hati… eh salah… ketemu dengan yang dicari-cari. Horeee…! Penulis coba ikuti dengan petunjuk yang ada dan sampai tamat bisa terbimbing dengan baik. Tidak hanya sekadar menamatkan game tersebut saja, tapi juga bisa mengetahui hal-hal yang belum diketahui, sehingga karakter dalam game bisa lebih kuat misalnya, yang sangat membantu dalam level-level berikutnya. Tentu saja tidak melulu mengikuti yang ada pada walkthrough, karena hanya digunakan waktu macet atau bingung saja. Karena pengalaman pertama begitu mengesankan, akhirnya otomatis jadi penggemar GameFAQs.com sampai sekarang. Pokoknya kalau ada kesulitan game, langsung ke GameFAQs.com aja.

Setelah beberapa saat menjadi member pasif, alias hanya membaca dan mencari petunjuk yang dibutuhkan, lama kelamaan muncul keinginan untuk juga bisa berkontribusi secara aktif dalam situs tersebut. Seperti yang telah disebutkan di awal, situs ini memuat informasi dan guide/petunjuk untuk game tertentu. Petunjuk tersebut berasal dari kontribusi para pemain (gamer) dari seluruh dunia, yang tentu telah memainkan game tersebut, kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tentu saja tulisannya harus mengikuti kaidah dari GameFAQs. Nah, di sini juga uniknya. Untuk tulisan tersebut, format yang diterima hanyalah dalam bentuk tulisan teks murni (ekstensi txt) bukan format Word, Excel atau semacamnya. Alasan mereka, untuk menjamin kompatibilitas antar pengguna / pembaca. Misal format Word menggunakan font tertentu, saat dibuka oleh seorang pengguna bisa saja font-nya menjadi berubah karena tidak ada pada system komputernya. Alasan lain, “Not everyone in the world owns a copy of Excel or Word”… Jika ingin mengirimkan gambar tentu saja juga bisa, tapi harus berupa gambar saja (dengan aturan tertentu pula), misal map untuk suatu level serta keterangan hidden items/treasures. Kembali pada ketentuan tulisan dengan teks murni, beberapa aturan tersebut misalnya panjang satu baris maksimal 79 karakter, tidak boleh ada indent otomatis (tab), dll. Tentu ada pula aturan standar untuk aspek legal (copyright) dan urusan konten/isi harus memadai. Oh ya… bahasa yang dipakai harus English lho. Jadi,walaupun cuma untuk urusan game, namun ibarat seperti menulis skripsi, ada aturan-aturan yang musti diperhatikan.

Pada urusan yang satu ini pula dulu penulis pernah tersandung, alias tulisan yang dikirimkan beberapa kali ditolak (Rejected). Sebenarnya lebih ke arah kontennya yang kurang lengkap, terlalu singkat, kurang layak untuk jadi tulisan, sudah ada yang menulis yang lebih lengkap, dll. Setelah beberapa lama mempelajari, akhirnya bisa diterima, yaitu saat menulis Game Script untuk Starcraft. Kelebihan utamanya adalah bahwa belum ada yang menulis sebelumnya (walaupun sudah cukup lawas), sehingga besar kemungkinan untuk bisa diterima. Game script? Itu juga salah satu variasi tulisan di GameFAQs. Isinya bisa berupa misal transkrip percakapan dalam game. Wah, transkrip game aja dicatat… Eit, jangan salah… hitung-hitung juga bisa sebagai latihan berbahasa inggris lho. Ingat kan, kalau tulisannya juga harus ditulis dalam bahasa inggris (memang bisa saja bahasa asing lain, tapi hanya pada kasus tertentu saja). Jadi ini yang namanya bermain sambil belajar… makanya nilai TOEFLnya bisa tinggi hehehe… Oh ya, setelah beberapa kali tulisan diterima di GameFAQs, pada saat menulis guide untuk Resident Evil 4 penulis juga pernah kena aturan tentang indent. Karena indentation yang terlalu banyak (ruang kosong di sebelah kiri tulisan) akibat ingin menyelaraskan dengan posisi teks di atasnya agar terlihat rapi sekali, tulisan sempat ditolak. Setelah 3-4 kali revisi, barulah bisa diterima. Waduh… serius amat ya. Nah, untuk contoh-contoh karya tulis di GameFAQs bisa dilihat pada link-link di awal tulisan ini. Untuk karya tulis yang panjang memang membutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk menyusunnya. Game pun kadang harus diulang 2-3 kali hanya untuk bisa menuliskan event atau level tertentu, wuih… Jadi, kalau ada yang juga berminat bergabung dan berkontribusi, silakan lho…🙂

One response to “Game FAQ

  1. Pingback: Happy Birthday ! « The Web Logs of Purbo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s