Programs

Berikut beberapa uraian program yang pernah penulis buat beserta kisah suka-dukanya… hehehe… kok kayak sinetron ya. Untuk sementara program-program yang dicantumkan di sini semua berdasarkan bahasa Visual Basic, namun bisa juga untuk bahasa yang lain jika ada kesempatan. Penulis sebenarnya juga ingin menyertakan program lain yang pernah dibuat waktu masih pake Turbo Pascal jaman SMA dulu, namun masih terbentur kendala ‘arsip’ (duh…).

PPPURG v3

BW_4

Studio_1

Balok_1

    25 responses to “Programs

    1. Pingback: Program Pedoman Peraturan Pembebanan Rumah dan Gedung Versi 3.0 « The Web Logs of Purbo

      • Halo mr. Sandra…
        kalo perencanaan dermaga terus terang belum ada, dulu pernah lihat ada standar tapi dari Jepang
        misal sudah dapat nanti di-list di sini, atau yang punya info bisa juga dibagikan di sini🙂

    2. Mas Purbo Thanks programnya
      mo nanya kalo di sap 2000 v11 bisa ngga memodelkan gelombang laut?
      kalo bisa caranya gimana ya ???
      trims

      • Untuk SAP2000 v11 sudah bisa untuk beban gelombang, kalo tidak salah mulai versi 10 sudah ada.
        Lewat Define > Load Cases dulu, lalu pada Type pilih Other terus pilih lagi yang Wave. Kalo Auto Lateral Load dipilih berdasar code tertentu (misal API) nanti bisa Modify Lateral Load untuk edit spesifikasi gelombangnya. Kemudian pada batang yang terkena beban di Assign > Frame Loads > Auto Wave Loads Parameters.
        Di manual juga ada (bisa lewat Help > Documentation, pilih yang Waves), ada penjelasan terutama spesifikasi gelombang dll.
        Sekian dulu ya tutorialnya…🙂

    3. Mas purbo……
      saran dari saya kalo bisa jurnal2 atau ada info2 terbaru bisa dimasukan di blognya agar kita bisa tukar menukar informasi dan juga jurnal2 terbaru
      thanks……

      • Makasih saranya pak Pauli…
        Akan sy coba akomodasi, karena sy juga ingin agar sumber dan isinya valid, just keep in touch aja…
        nanti bisa dicek bagian Download
        Kalau ada info juga boleh dibagikan di sini kok🙂

    4. Mas Purbo. Untuk melawan gaya uplift air pada swimming pool gimana ya biar tidak boros untuk material betonnya??. Misal untuk kolam
      ukuran 9×5 kedalaman 2 meter (misal tinggi muka air tanah 1.5 meter). Gaya uplift air sebesar 67.5 ton. Misal kita pakai ukuran
      dinding 18 cm dan pelat 20 cm, maka berat sendiri struktur baru 45.792 ton. Kalau untuk mempertebal slab kok kayak jadi boros ya???
      Adakah solusi lain mas. Makasih…

      • Sebelum ngutak-atik betonnya, saya pingin tanya untuk desainnya dulu ya… apa boleh letak kolamnya dinaikkan misal 0,5 m, jadi tinggi kolam tetap 2 m tapi ‘bibir’ kolam jadi nyembul ke permukaan tanah sih. Dengan demikian gaya uplift total jadi 45 ton. Dah masuk kan?

    5. Wah di seneni ownere bos hehe. Mintanya beliau flat gitu.
      Meskipun ada friksi pada dinding vertikal tapi sepertinya kecil
      jadi saya abaikan saja. Solusinya kayaknya harus nambah tebal slab atau dindingnya…

      • Di sekeliling kolam juga bisa dipasang saluran/drain untuk mengurangi tekanan air tapi tidak perlu terlalu dalam, asal uplift sudah terkurangi/teratasi (tergantung kondisi lapangan juga, bisa jadi lebih ribet…).

    6. mau nanya dikit mas purbo. daya dukung tanah setelah di stamper kira2 berapa ya? ambil range tertentu saja antara berapa sampai berapa? kalau lewat tes lab agak mahal soalnya. Maklum dana cekak..

      • Wah kalau itu ya tergantung kondisi tanah dan wilayahnya, mungkin bisa dibandingkan dengan hasil tes lain di sekitar lokasi tersebut sebagai referensi.

    7. Pingback: Happy Birthday ! « The Web Logs of Purbo

    8. salam mas purbo, masih aktifkah blog ini,
      jikalau masih aktif, boleh minta tolong kah
      saya lg menyusun skripsi tentang perencanaan struktur tower telekomunikasi
      bisakah di shared link Software MS. Tower v6
      mohon bantuannya

      terima kasih

    9. salam mas purbo,
      dalam permodelan struktur gallery dan trestle, karena tumpuan gallery itu berupa sendi, untuk gallery yang menumpang ke trestle, bisa tidak kita menggunakan link/support bila struktur trsebut dibuat satu kesatuan. karena bila saya pisah antara gallery dan trestle, trestle menjadi tidak aman. terimakasih..

      • Sebaiknya bisa dicoba analisis tersendiri, dengan struktur atas dianalisis terlebih dahulu kemudian reaksi dibebankan ke trestle/pendukung. Jika tetap ingin dibuat menjadi satu maka perlu diperhatikan agar sifat link titik tumpuan (dengan asumsi sendi) dibuat hanya mampu menahan tranlasi/pergeseran dan rotasi bebas.

        • caranya gimana ya mas kalau pakai link/support.. mohon bimbingannya..
          karena setelah saya pisah, trestle menjadi tidak aman. terimakasih banyak mas…

        • Dari menu define > section > link bisa didefinisikan sifat dari link, namun agak rumit dan sebaiknya dicoba-coba dahulu dengan model sederhana. Alternatif lain yang mungkin lebih mudah adalah dengan membuat batang tambahan dengan panjang sangat kecil, berat jenis nol dan modulus elastis sangat besar (agar tidak berpengaruh ke struktur total) lalu diberikan release momen di ujung-ujung batang, sehingga elemen tambahan ini akan bersifat seperti sendi internal yang menghubungkan dua struktur.

    10. mas purbo, nanya lagi…
      apabila di stress rasio muncul warning: kl/r>5.87*sqr(E/fy), solusinya gimana mas..
      trimakasih…

      • Sepertinya ada masalah kelangsingan, jadi ada beberapa alternatif a.l. memperbesar dimensi penampang (bila memungkinkan), atau memperpendek panjang tekuk misal dengan memasang pengaku lateral pada pertengahan tinggi kolom (atau lebih rapat jika masih tidak memadai). Kekangan lateral bisa berasal dari elemen lain atau dengan memasang restraint pada arah sumbu lemah elemen.

        • terimakasih mas..
          mas purbo, dibahas dong mengenai pembebanan SNI 2013 yang baru.. banyak coefisien yang beda dengan PPPURG. khususnya untuk beban angin.. sekali lagi terima kasih mas…

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s