Happy Birthday !

Wah, selamat ya…

Makasih.

Dah yang ke berapa ni?

Baru satu tahun kok…

Lho ???

Ya iyalah, yang berulang tahun kan blog-nya, bukan yang menulis blog lho!

Ooooo…

Tidak terlalu terasa, ternyata sudah setahun lamanya menulis di blog ini. Tepatnya sekitar bulan Oktober 2009, situs purbolaras.wordpress.com resmi diluncurkan, dengan titik berat pada topik teknik sipil struktur (tentu saja dengan selingan pembahasan topik lain, biar ndak bosan…). Tulisan ini akan menyajikan catatan perjalanan dan evaluasi tentang blog ini setelah setahun bertengger di web/internet, dan juga beberapa harapan serta rencana di tahun kedua nanti.

Blog ini dahulunya diinspirasi oleh kebutuhan akan media promosi program PPPURG versi 3.0, yaitu program sederhana yang memuat ringkasan nilai faktor dan koefisien pembebanan pada bangunan gedung sesuai peraturan pembebanan. Waktu launching versi 1.0, penulis ikut numpang ke blog-nya Pak Wiryanto (plus promosi lewat email ke kenalan dan relasi, semoga tidak dianggap spam hehehe…), yang dengan senang hati beliau membagikan bahkan menulis posting tersendiri… Terima kasih ya Pak! Tapi kok rasanya malah jadi merepotkan ya… Nah, karena alasan inilah yang kemudian mendorong penulis untuk memiliki/membuat media sendiri. Ya iya donk, masak mau numpang terus, memangnya ojek… (Untuk yang versi 2.0, penulis hanya memanfaatkan media email saja, sehingga menjadi kurang terasa greget-nya.)

Karena waktu itu penulis belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia per-blog-an dan tetek bengeknya, plus belajar secara autodidak, maka hasilnya juga tidak langsung memuaskan alias belepotan di awal. Lihat-lihat kesana kemari ke blog-nya orang, penulis akhirnya mencoba menulis di salah satu situs blog (selain WordPress). Ternyata setelah dirasa-rasa, kayaknya kok format blognya kurang sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, karena sebelumnya penulis sudah membuat tulisan di MS Word dahulu dan baru kemudian di-copy ke posting blog, format tulisannya pun jadi amburadul, perlu tenaga ekstra untuk membetulkan dan merapikannya (font, paragraf, indent). Ini memang kesalahan sendiri, harusnya menulis draft-nya di format teks biasa macam Notepad. Yang paling lucu dan menggemaskan (atau mungkin lebih tepatnya “mengenaskan”), entah karena sambungan internetnya yang saat itu mungkin sedang ada gangguan atau mungkin karena blog-nya atau browser internetnya, ketika penulis update tulisan (yang kesekian kalinya) dan melakukan pratinjau (preview), eh… kok di preview-nya hilang semua tulisannya… tinggal tersisa judul! Penulis coba kembali ke layar editing tulisan, lho kok ternyata sama saja, tulisannya juga hilang semua… Sampai beberapa kali klik tombol “Back” dan “Forward” di browser internetnya, sia-sia belaka, entah hilang ke mana atau dimaling siapa (atau dimaling apa)…

Kapok (dengan situs tersebut), tapi masih dengan semangat juang 45, penulis akhirnya beralih ke situs blog lainnya, yaitu WordPress (walaupun masih dengan deg-deg-an juga teringat insiden tadi). Karena autodidak, maka membuatnya pun masih harus dengan tambahan bumbu bingung dan pusing, karena harus belajar memanfaatkan fasilitas di WordPress (contohnya, ketika akan menyisipkan gambar, mencari tombolnya sampai lama sekali ketemunya, sampai sempat kepikiran jangan-jangan di sini tidak ada fasilitas gambar/foto). Namun demikian setelah beberapa lama akhirnya format blog telah selesai dibuat (tapi belum di-publish), dengan isi yang masih seadanya dahulu. Sebelum mulai menulis atau membuat blog, penulis telah membuat draft sebelumnya, dan inipun juga masih harus disesuaikan dengan kapasitas/fasilitas yang tersedia di blog yang mampu mengakomodasi keperluan tersebut. Salah satu yang penulis cukup senangi dari WordPress adalah fasilitas untuk membuat halaman lain (selain halaman muka/beranda/home), jadi bisa berfungsi semacam website mini, dengan halaman tertentu memuat topik lain yang spesifik. Contoh di blog ini adalah halaman “Downloads” yang memuat link download bermacam-macam hal seperti program dan peraturan/code. Jadi, semua bahan yang bisa diunduh masuk dalam satu kelompok pada halaman tersebut, dan di halaman muka penulis tinggal mencantumkan saja jika ada update terbaru (biasanya sekalian saat posting tulisan baru). Serupa halnya untuk penambahan halaman-halaman lainnya, tinggal ditambahkan saja dengan mudah. Pembuatan blog selesai sekitar bulan September 2009, namun baru resmi di-launching awal Oktober, dengan pemberitahuan lewat email ke relasi dan kenalan (kali ini hanya mencantumkan alamat blog-nya saja, sementara dulu langsung dengan attachment programnya).

Saat awal berdirinya dulu (kayak perusahaan aja hehehe…), satu-satunya tulisan yang ada hanya membahas program PPPURG versi 3.0 saja (sesuai dengan tujuan pendiriannya). Ada juga bahasan tentang program lain yang pernah penulis buat, pada halaman “Programs”. Halaman lain yang pertama muncul adalah “Downloads” seperti yang disebut sebelumnya, “Games” yang memuat tulisan penulis di situs Gamefaqs.com (belakangan nama halaman diganti menjadi “Game FAQ”), dan halaman “Training” yang memuat info tentang training software dan teknik sipil.

Sejalan dengan waktu, barulah tulisan alias posting mulai bertambah sedikit demi sedikit, termasuk isi blog yang mendapat tambahan halaman baru, “SAP2000” dan “Rumus” yang masing-masing membahas program analisis struktur populer dan kumpulan rumus dan semacamnya.

Tidak hanya sekadar membuat blog dan menulis posting saja, tapi penulis juga mencoba belajar sedikit tentang SEO alias Search Engine Optimazation. Itu lho, teknik supaya ranking situs atau blog kita bisa masuk di peringkat atas. Situs kita juga jadi tambah terkenal dan akan menarik lebih banyak kunjungan (visit/traffic). Memang belum terlalu advanced sih, namun paling tidak sudah bisa dapat PageRank 2 (PR2) dari mbah Google hehehe…

Pernah juga iseng-iseng coba cari kata kunci “blog SAP2000” di Google, eh… keluar di urutan pertama! Duh, senangnya…🙂

Selain itu, terutama di saat awal dulu, penulis juga menyempatkan blogwalking alias jalan-jalan ke blog teman atau blog lain yang kira-kira minatnya serupa. Tentu tidak hanya sekadar mampir “say hello” saja, tapi juga dengan maksud tersembunyi (baca: maksud utama) tukaran link. Saya pasang link alamat blog situ, situ pasang link alamat blog saya. Suka sama suka, win-win solution lah… Selain bisa dapat ilmu yang belum kita tahu, atau inspirasi hal dari blog lain (asal jangan plagiat lho ya…), kita juga bisa mendapat limpahan pengunjung dari blog rekanan kita tadi, demikian pula sebaliknya.

Efek nyata dari SEO tadi cukup terasa terutama dari segi jumlah kunjungan. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pasca launching bulan Oktober jumlah visit di bawah 500 per bulan, soalnya waktu itu baru mulai belajar tentang SEO. Nah, setelah mulai dipraktekkan, hasilnya terasa mulai bulan Januari 2010 grafik jumlah visit per bulan sudah meningkat banyak. Puncaknya bahkan pada Agustus 2010 sampai 2000 lebih kunjungan dalam 1 bulan.

Jumlah hits (kunjungan) total mulai pertama launching sampai saat ini (berarti selama sekitar 1 tahun) sudah sekitar 11.000 kunjungan, lumayan… Rekor hari tersibuk (kunjungan terbanyak dalam 1 hari) sampai tulisan ini diturunkan adalah 174 visit dalam 1 hari, di bulan Agustus 2010. Biasanya jumlah kunjungan melonjak setelah selesai ada posting tulisan baru, walaupun tidak selalu demikian halnya. Untuk statistik lain, bisa dilihat di gambar berikut ini. Silakan dicermati sendiri ya…

 

Dengan segenap kemajuan yang telah diperoleh tersebut, semoga dapat memicu penulis untuk lebih bergairah lagi dalam menulis blog. Ibaratnya binatang piaraan atau tanaman hias, sebuah blog juga perlu untuk dirawat (supaya terlihat menarik, tampilan harus rapi, susunan tulisan, huruf, dll.) dan diberi makan (dengan tulisan dan content yang bermutu). Apalagi jika isi/topiknya lumayan berat alias mikir hehehe… (bandingkan kalau topik blognya tentang liburan atau shopping…). Topik blog ini memang bertitik berat pada bidang teknik sipil sesuai minat penulisnya (misal software sipil, foto proyek, dll.), walaupun pernah ada juga hal lain semacam kuliner.

Nah, karena sebagian besar tulisan ini sudah terjejali dengan catatan perjalanan dan progress report, sekarang tiba saatnya untuk paragraf mengenai program kerja di tahun kedua (serius banget ya jadi seperti progam kabinet menteri…). Selain penambahan content terutama untuk halaman “Downloads” dan “Rumus”, sedang terpikirkan oleh penulis untuk membuat semacam program macro misal di MSExcel untuk keperluan praktis teknik sipil (setelah sebelumnya dengan program PPPURG hasil kompilasi dengan VB di tahun pertama). Bila memungkinkan akan ditambahkan juga beberapa hal lain yang tidak kalah menarik (jangan kebanyakan ah, nanti malah bingung sendiri hehehe…). Apa saja itu? Tunggu tanggal mainnya ya…

Oh ya, sekedar mengingatkan, jangan segan-segan untuk memberi rating pada sebuah tulisan atau halaman. Lihat kumpulan bintang di bawah judul posting (atau halaman)? Tinggal klik pada salah satu bintangnya, makin ke kanan artinya makin baik, sebagai feedback dan masukan untuk penulis guna mengetahui mutu dan manfaat tulisan/topik tertentu. Selain itu, sekarang kalau mau share tentang tulisan di blog ini ke social media macam facebook atau twitter bisa lebih mudah dengan fasilitas yang juga ada di bagian akhir/bawah suatu posting tulisan. Bisa juga kalau mau nge-like, ada tombolnya juga kok di situ.

Sebagai paragraf penutup, ucapan terima kasih penulis tujukan terutama kepada para pengunjung dan pembaca blog ini. Tanpa visit atau kunjungan Anda, blog ini tidak akan terlalu terasa arti dan manfaatnya, sesuai dengan tujuan membuat blog ini salah satunya adalah sebagai media sharing pengetahuan (jelas donk, dipajang tapi tidak ada yang lihat sama aja bohong hehehe…). Pihak WordPress selaku provider blog gratis juga patut mendapat penghargaan dan terima kasih, tidak lupa juga kepada segenap rekanan link penulis. Oke, karena tulisan ini kiranya sudah terlampau panjang, dan mungkin membuat Anda ngantuk atau lapar, maka daripada itu penulis sudahi dahulu sampai di sini. Stay tuned untuk berita terbaru di blog ini!

8 responses to “Happy Birthday !

  1. Aslmualaikum…
    Selamat ulang tahun, semoga panjang umur blognya,,,,,
    selalu selangkah lebih baik…
    amien..
    sukses kangmas purbo…

  2. selamat ulang tahun Mr popo
    terlambat ngucapin nih, he2, soalny beberapa waktu ini banyak tugas lapangan pak, sedikit terisolasi dari internet.. he2🙂

    smoga makin maju Mr popo, nd klau boleh terus terang, bahasa bpk komunikatif, jd enak disimak meski disambi ngerjain yg lain🙂

    sukses terus purbolaras.wordpress.com !!

  3. Pingback: HUT ke-2 ! « The Web Logs of Purbo

  4. Pingback: 3rd Year | The Web Logs of Purbo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s