Free E-Book

Cover E-book #1

Bagi-bagi E-book gratis, yuk hehehe… E-book ini merupakan kumpulan dari cuplikan beberapa tulisan dalam blog ini yang dirangkum menjadi bentuk PDF sehingga bisa lebih mudah dinikmati dan diarsip secara offlline.

Edisi perdana kali ini mengulas topik tentang tips SAP2000 yang akan dilanjut pada edisi-edisi berikutnya termasuk dengan topik-topik yang lain juga. Sebagian besar isi mungkin sama dengan yang pernah ditulis di blog ini dengan beberapa tambahan baru. Bebas dikopi kesana kemari, sambil ngopi, asal tetap free, dan jangan lupa mencantumkan sumber asli.

Langsung saja download lewat halaman Download.

N.B. : sekalian ah numpang promosi blog kedua penulis🙂

20 responses to “Free E-Book

  1. Maturnuwun sanget, sangat membantu sangat bermanfaat, saya juga sudah membeli bukunya Mas Purbo tentang SAP yang jilid 1, ditunggu yang jilid 2,

    Semoga sehat dan sukses selalu ..

  2. Pak, sy mau bertanya nich.. Apa sich yg dihitung dalam sap2000 pada bangunan bertingkat?? Trus, kalau mau merencanakan pakai bantuan sap, data2 apa yg dperlukan…

    Makasih pak, sy Mahasiswa Universitas Fajar Makassar.. Saya lagi mengambil tugas skripsi mengenai SAP2000..

    Mohon bimbingannya..^_^

    Mei Rizal
    http://2persen.webs.com

    • SAP2000 adalah program analisis struktur, untuk menghitung gaya-gaya dalam (momen,geser,aksial) pada suatu struktur berdasar beban-beban yang bekerja, bisa juga sampai ke tahap desain misal cek tegangan profil atau tulangan beton. Data-data yang diperlukan sama seperti ketika akan menghitung struktur secara manual, misal dimensi penampang, data material, dst.

  3. Bpk. saya kebetulan sedang mengerjakan skripsi tentang box culvert untuk underpass .. dengan dimensi lebar = 9 m tinggi = 7.2 dan panjang segmen = 10 m dengan total segmen panjang jembatan 90 m . dengan tebal pelat lantai dan dinging = 0.5 m,,apabila saya mau analisa dengan SAP dimensi untuk grid data seperti apa ? harus 3D kah? apabila 2 dimensi isi frame sectionnya depth=0.5 m dan widht = 10m (untuk balok ) dan sebaliknya untuk kolom,,karena apabila cek desain struktur keluar bacaan error in dimensioning array??mohon pencerahannya pak..terimakasih sebelumnya

  4. pak, sy mau bertanya, gimana sih menambahkan material penulangan beton di sap, ketika merencanakanny dengan fy400 mpa, sengkang fy240 mpa

  5. Kalau ada rencana perbaikan untuk edisi berikutnya, barangkali patut dipertimbangkan untuk sedikit mengurangi contoh-contoh yang saling tumpang tindih (satu contoh dapat saja mengandung beberapa topik bahasan), namun digantikan dengan topik mengenai elemen lain yang ada di dalam SAP2000, misalnya elemen bidang (untuk analisis pelat, dinding geser, dan sebagainya).

  6. Pak Purbo, mugkin di Edisi mendatang bisa di jelaskan tentang beban angin dan inputnya di Sap 2000,,trus kok di Buku Seri 2 tentang dinding geser tidak di masuk reduksi Momen Inersia yah…kalau di Peraturan Beton kan Dinding Geser harus di reduksi 0.35 Ig pak? Apakah tidak mempengaruhi hasil outputnya…?

    • Untuk elemen shell memang tidak ada fasilitas untuk input reduksi dimaksud. Alternatif bisa juga dimodelkan sebagai elemen frame (bentuk pipih) untuk dinding gesernya.

  7. Pingback: 3rd Year | The Web Logs of Purbo

  8. Pingback: Eksperimen | The Web Logs of Purbo

  9. Pingback: E-book #3 | Admiral's Log

  10. Pagi Pak,.
    sya mau mrencnkan tulangan plat, tp sya bngung mlihat momen pada plat. bagaimna caranya menampilkan momen pada plat d SAP2000, sperti momen pada balok,. ??

    • Momen pada pelat ditampilkan dalam bentuk diagram kontur warna lewat menu display > show forces > shell lalu dipilih M11 atau M22 pada bagian component, untuk penjelasannya ada pada buku Seri 1 hal. 140.

  11. malam pak…
    saya mau analisis box culvert, tingginya 10 m, lebar = 8 m, kalau mau analisis pakai sap tumpuannya pakai apa ya pak? dasar pemilihan tumpuannya apa ya?

    • Kalau data tanah ada (mencukupi), tumpuan bisa dimodelkan sebagai joint spring vertikal dengan nilai kekakuan berdasarkan modulus subgrade reaction. Namun jika tidak tersedia atau dirasa terlalu rumit, cukup dimodelkan sebagai sendi saja, agar momen yang ada (terutama pada daerah sambungan) dapat tertransfer ke pelat culvert dan tidak tertahan di tumpuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s