E-book #2

Cover E2

Bagi-bagi E-book gratis lagi, edisi yang nomor dua menyambung dari Edisi #1E-book ini merupakan kumpulan dari cuplikan beberapa tulisan dalam blog ini yang dirangkum menjadi bentuk PDF sehingga bisa lebih mudah dinikmati dan diarsip secara offlline. Edisi lanjutan ini masih mengulas topik tentang tips SAP2000. Sebagian besar isi mungkin sama dengan yang pernah ditulis di blog ini namun dengan beberapa tambahan materi baru. Mau copy, download, share boleh asal tetap free, dan jangan lupa mencantumkan sumber asli.

Silakan download lewat halaman Downloads.

5 tanggapan untuk “E-book #2”

  1. Pak purbo mau tanya nih..kalo misalnya kita pasang kolom IWW dengan posisi searah sb y, tapi balik induknya yg sama2 IWF searah sb y, jadi posisi balok induk di las di badan (tw) dan bukan di baud di sayap (tf), kira2 itu dibenarkan gak?..

    1. Maksudnya baloknya dilas ke pelat badan kolom kan, bisa saja, tinggal nanti diberi tambahan pelat pengaku disisipkan di antara pelat sayap kolom.

  2. salam mas purbo
    saya mau nanya ni
    untuk mendefinisikan material concret di sap versi 14 bedanya dimana sih mas dengan sap versi terdahulu.
    trus di bku blajar sap 2000 versi 1 yg dlu di hal 27 ada baja tulangan fy = 390. itu digunakan dimana mas dlam program sapnya.
    sya mamakai sap v 14 mas.
    terimakasih banyak mas.

    1. Untuk yang buku Seri 1 input material yang utama adalah pada nilai fc’ dan E karena masih dalam tahap analisis, sedangkan isian fy akan lebih berpengaruh ke tahap desain (buku Seri 2). Untuk versi berbeda saya kira masih relatif sama.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.