3rd Year

Dengan datangnya bulan Oktober tahun 2012 ini, maka dimulailah munculnya musim penghujan (katanya…). Dan bersamaan dengan itu pulalah blog ini telah memasuki usia tiga tahun. Tentang awal dari perjalanan dan rangkuman kisah dua tahun pertama bisa dibaca di sini dan di sini. Tulisan ini sekadar sebagai ulasan perjalanan setahun terakhir melanglangbuana di jagat per-blog-an biar pembacanya bisa tahu dan terutama sebagai catatan pribadi bagi penulis (plus bisa jadi bahan tulisan juga hehehe…). Supaya mudah dan enak, bahasan dikelompokkan dalam pasal-pasal eh butir-butir berikut (kok jadi kayak bab-bab SNI, serius amat… tapi bacanya tetap santai saja lah).

  • Visit

Stat 2012

Stat 2012

Jumlah total pengunjung di tahun kedua adalah sekitar 44.000, dan kini sudah mencapai sekitar 100.000 kunjungan total. Ada peningkatan signifikan, terlebih jika dibandingkan dengan tahun pertama dengan 11.000 total visit. Kalau untuk rekor kunjungan harian, di tahun ini mencapai sebesar  323 visit dalam satu hari. Lumayan, walaupun jika menilik segi peringkat Google kok masih saja ‘setia’ di peringkat PR2 … (naik donk please…, minimal jadi PR9 hehehe ngimpi…)

Page Rank

  • Komen

Maksudnya adalah kependekan dari ‘komentar’, dan tidak ada hubungannya sama Kamen Rider. Ya, kenaikan jumlah kunjungan akan membawa efek lain yaitu meningkatnya juga jumlah komentar dari pembaca (atau lebih tepatnya adalah frekuensi kemunculannya). Kadang-kadang ada (malah kebanyakan) hari-hari sepi komentar, namun kalau pas saatnya arus puncak, agak kerepotan juga meresponnya. Kalau cuma sekedar bilang ‘makasih’, ‘mantap gan’, atau ‘ijin donlot’ sih tinggal langsung approve saja. Namun tidak jarang (baca: lebih sering) pertanyaannya cukup berbobot sehingga perlu sedikit banyak mengernyitkan dahi buat menjawab. Belum lagi menjelaskan sesuatu (termasuk ketika menanyakannya) hanya dengan tulisan adalah hal yang mungkin lebih bersifat seni daripada teknis. Seni komunikasi mungkin ya. Bayangkan saja deh misalnya menjelaskan diagram blok gaya/tegangan tarik-tekan penampang beton bertulang dengan kata-kata saja. Ketika menyebut ‘diagram blok gaya/tegangan’ saja pun interpretasi pembaca mungkin bisa beragam, apalagi jika ditambah ‘jarak garis netral dikurangi setengah tinggi blok tekan beton’ misalnya, jangan-jangan salah asumsi. Yang dimaksud antara pihak penanya dan penjawab bisa saja jadi kurang sinkron. Memang, bicara hal-hal teknik tanpa gambar itu mungkin ibarat makan (minum?) kuah sop dengan tangan. Bisa sih (celupkan jari lalu dijilat…?) tapi dijamin bakalan tidak nikmat. Mau minum langsung dari mangkuknya? Bisa juga, tapi kalau mangkuknya besar, plus sopnya masih panas… tahu sendiri deh. Kalau saja di komentar bisa menyisipkan gambar, pasti asyik ya…

Nah, mumpung menyinggung masalah komen-komen-an, sekalian juga ini saat yang tepat untuk menyampaikan sesuatu. Kiranya perlu diketahui juga, bahwasanya setiap komentar yang masuk akan (harus) dimoderasi dahulu. Artinya, harus di-approve dahulu oleh empu-nya blog yang bersangkutan, jadi tidak bisa langsung otomatis terpampang. Beberapa pembaca ada yang menuliskan komentar berulang di topik atau halaman berbeda. Jika setelah selesai posting komentar sudah muncul tulisan atau keterangan semacam ‘Komentar Anda sedang menunggu moderasi’, maka tinggal menunggu saja komentarnya disetujui dan sekalian dibalas. Tidak perlu menulis lagi. Ada juga yang kemudian sampai kontak email atau FB, dengan pertanyaan yang persis sama. Ini tentu tidak perlu. Okelah, dulu mungkin belum tahu prosesnya, tapi mudah-mudahan sekarang sudah sama-sama tahu ya…

Oh ya, satu lagi, karena kesibukan penulis, maka tidak selalu bisa langsung membalas komentar yang diajukan. Bisa saja sampai beberapa hari, atau bisa juga lebih cepat kalau memang memungkinkan. Apalagi kalau pertanyaannya juga berat, menjawabnya ya mesti cari wangsit dulu hehehe…

  • ‘Proyek’ lain

Sekadar menyalurkan hasrat nyari duit onlline, maka pada sekitar bulan Juni 2012 ditulislah blog kedua dengan tema yang berlainan dengan dari blog ini, plus bahasanya pake bahasa negerinya orang asing, karena target utamanya juga orang sono. Silakan bisa lewat sini buat yang mau lihat-lihat…

In-dollar

Dengan beberapa trik SEO (apa itu ya…?), plus limpahan visit dari traffic exchange, lumayan bisa langsung dapat PR2 dalam waktu relatif singkat. Hmmm… jadi kepingin menulis topik tentang SEO, mudah-mudahan nanti sempat deh. Mikirin topik bulanan buat 2 blog ternyata cukup lumayan membuat pusing juga, masih ditambah lagi ada niat nulis novel (yang jelas tidak ada hubungannya dengan pak Novel yang sempat jadi tagline di media massa) bertema sci-fi dengan bahasa sono juga yang baru sampai chapter 4,10 padahal sudah hampir setahun berjalan. Kebanyakan pikiran…

What is this ?

  • E-Book

Proker tahun sebelumnya yang baru sempat terealisasi di tahun ini : e-book gratis. Isinya berupa rangkuman dari topik-topik yang pernah diulas di blog ini, dan disajikan dalam format PDF. Edisi pertama bisa disimak di tulisan ini. Ditulis ulang dalam bahasa yang lebih resmi (tanpa embel-embel hehehe hahaha atau bahasa slank lainnya), format yang lebih rapi, dan mungkin juga beberapa tambahan materi agar yang sudah pernah membaca topik bersangkutan juga tetap bisa mendapatkan sesuatu yang baru.

E-book #1

  • Buku SAP2000 Seri 2

Buku SAP2000 Seri 2

Mungkin merupakan salah satu sorotan utama di tahun ketiga. Buku yang melanjutkan dari seri sebelumnya ini membahas topik pemakaian program SAP2000 untuk analisis statik ekuivalen dan dinamik gempa, plus ada desain beton bertulang juga. Info lengkap bisa lihat di sini atau ini juga.  Silakan bagi yang belum dan mau pesan, mumpung masih hot

Dan kini tibalah kita di penghujung tulisan. Rangkuman perjalanan ini memang sekilas tidak terlalu bermanfaat secara langsung. Namun, sebenarnya dengan refreshing kegiatan yang telah dilakukan setahun belakangan ini bisa menjadi restrospeksi bagi penulis. Mungkin masih ada yang perlu dipoles di sana sini, kadang justru jadi ingat kalau dulu pernah ada rencana ini itu tapi belum kesampaian, sehingga malah bisa dijadikan (rencana) program kerja di tahun anggaran berikutnya (memangnya proyek…).

Penulis ucapkan banyak-banyak amat sangat terima kasih sekali kepada segenap pengunjung dan pembaca blog ini, juga kepada pak WordPress yang telah memberikan tumpangan kontrakan eh hosting blog gratis tapi meriah. Mohon doa restu juga guna perkembangan baik bagi blog ini di tahun keempat, maupun untuk penulisnya sendiri (iya lah, kalau blog-nya sukses tapi empu-nya nggak ikut sukses kan aneh bin lucu jadinya hehehe…)

Sampai jumpa dan salam sukses !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s