Liputan Training SAP2000

Short Course SAP2000

AlhamdulillahShort Course SAP2000 yang diselenggarakan pada akhir bulan Mei yang lalu telah berjalan dengan lancar dan sukses🙂 . Yuk, kita saksikan liputan kegiatan Short Course-nya…

Short Course SAP2000

Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian Short Course software bidang ketekniksipilan yang diselenggarakan oleh Zamil Engineering, dengan founder-nya pak Indra (baju hijau) tampak di sebelah kanan pembicara. Adapun materi SAP2000 kebetulan kebagian jatah minggu pertama, yang kemudian dilanjutkan dengan software Plaxis untuk geoteknik dan perancangan gedung tahan gempa dengan ETABS pada minggu-minggu berikutnya, dengan instruktur tersendiri. Tema pelatihan adalahAplikasi SAP2000 untuk Structural Engineer. Batasan strucural engineer tentu saja tidak terbatas hanya struktur gedung saja lho… Karena itu contoh-contoh aplikasi dan demo/simulasi yang disajikan juga membahas beberapa struktur yang “tidak umum” seperti dinding, fondasi, offshore structure, sampai struktur ponton pun bisa dianalisis memakai software SAP2000. Jadi materi memang disesuaikan dengan kemampuan dari programnya sendiri.

ModulModul

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 28 Mei 2011 ini dimulai sekitar pukul 09.30, bertempat di Lantai 2 RM Amazy Jl. Kaliurang. Ruangnya cukup luas dan nyaman, sudah dilengkapi pula dengan AC dan sound system. Dimulai dengan pendahuluan sekilas mengenai SAP2000 dan sejarah program, diikuti dengan paparan beberapa contoh aplikasi yang pernah dilakukan pada beberapa macam struktur seperti disebut sebelumnya.

Short Course SAP2000Short Course SAP2000Short Course SAP2000Short Course SAP2000

Sekitar pukul 11.30, acara diselingi dengan break istirahat, sholat dan makan siang. Karena kegiatannya di rumah makan, menu makan siangnya ya disuplai langsung dari rumah makannya, ayam goreng crispy (mirip-mirip kayak KFC gitu lah…) plus teh botol. Waduh, makanannya kok lupa nggak difoto ya… Setelah perut kenyang terisi, acara kembali dilanjutkan pukul 12.30 dengan materi demo pembuatan contoh aplikasi struktur sederhana dan sesi diskusi / tanya jawab. Acara diakhiri sekitar pukul 14.00, dengan tidak lupa memberikan lembar kuesioner evaluasi untuk mendapatkan feedback dari peserta short course.

Short Course SAP2000Short Course SAP2000Short Course SAP2000

Walau sempat ada beberapa kendala teknis, namun secara overall kegiatan dapat berlangsung dengan cukup baik. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada para peserta atas atensi dan komentarnya yang akan berguna untuk penyempurnaan kegiatan yang akan datang. Semoga ilmu yang telah didapat bisa bermanfaat banyak di kemudian hari.

Untuk liputan selengkapnya, bisa juga langsung ke situs Zamil Engineering.

8 responses to “Liputan Training SAP2000

  1. wah….sayang sekali gak bisa ikut, kapan ya bisa diadakan di Jakarta ? Oh ya,bagaimana cara mendapatkan materi short course nya?

    • Training di tempat lain sedang direncanakan, sedangkan untuk materi bisa langsung hubungi Zamil Engineering-nya saja (via website).

  2. asllmlikum..
    semoga kegoatan semacam ini terus berlanjut..sangat bagus sekali untuk pembelajaran para calon engineer..wlupun saya berada di jauh(BANTEN) tapi alhmdulillah kemaren saya sempat jd peserta Short Course ETABS…wlopun waktunya hanya sebentar..(maaf pak…soalnya sy ketgihan ilmunya dari bapa..bapa,,,,terimkasih banyak atas short Course nya.)

    oya pk indra..saya ingin bertanya,,mengenai pemodelan pada Etabs..tentang kolom yang melewati grid..kenapa kolom tersebut selalu menjadi bentang yang terputus?yang menjadi pertanyaan saya,,apakah hal semacam itu berpengaruh terhadap Out Put analysis nya atau tidak?bagaimana biar kolom tersebut tidak terputus atu menjadi satu kesatuan utuh walaupun melewati grid pada etab saat pemodelan?mohon pencerahannya pak..terimkasih

    • Wa’alaikumsalam pak Baehaki…

      Terima kasih juga atas partisipasinya, untuk waktu selanjutnya kami juga akan mengadakan kegiatan sejenis, Insya Allah bisa di kota lainnya juga. Tunggu saja infonya…🙂

      Untuk pertanyaan ETABS, sebenarnya kurang tepat alamatnya, karena blog ini hanya memuat tulisan dari saya, untuk pak Indra bisa coba ke web zamil engineering. Namun saya coba nimbrung jawab ya… Untuk pemodelan mestinya tidak terpengaruh pembagian elemen seperti frame. Bisa Anda coba sendiri, model sederhana dengan frame terputus dan tersambung, dibandingkan apakah ada perbedaan, signifikan atau tidak.

      • terimakasih banyak pak..maff sy sudah salah alamat..tapi bapa ttep memberi pencerahan buat saya,,sngat bermanfaat pak..terimakasih sekali lg.

  3. Maaf mau nanya but OOT. Mas Purbo bagaimana caranya melakukan tahapan loading test pada bore pile? yang praktis tentunya. Makasih

    • Waduh ini ada lagi pertanyaan di luar bidang saya hehehe… maaf jadi bingung jawabnya. Ok mas Ahmed, coba nanti kalau ada info dari rekan saya… atau ada pembaca yang mau sharing juga boleh.

  4. Pingback: Liputan Short Course 2012 – Zamil Consulting | The Web Logs of Purbo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s