Interactive Database Editing

Tahu caranya mengganti jenis material suatu penampang pada model SAP2000? Misal material pada batang balok/kolom, tinggal lewat perintah Define > Frame Section, pilih penampang dimaksud, klik Modify, ganti/sesuaikan jenis bahan pada Material, dan klik OK. Gampang kan… Terus kalau yang mau diganti ada banyak? Misal mutu beton pada balok dan kolom berbeda, padahal sudah terlanjur di-assign dengan mutu yang sama (misal karena pengaruh pengerjaan, atau perbedaan mutu elemen cor di tempat dan pracetak). Oya, tipe baloknya ada belasan lebih, kolom ada 6 tipe. Ganti manual satu per satu, mau? Capek donk… kalau memang masih kuat ya silakan, tapi kalau mau cara yang lebih praktis, lanjut bacanya ya…

Untuk problem semacam itulah dalam program dibekali juga dengan fasilitas yang namanya terpampang pada judul tulisan ini. Fasilitas ini ada pada barisan menu Edit, (Edit > Interactive Database Editing) yang setelah dipilih akan nongol kotak dialog seperti gambar berikut. Tampilannya mirip dengan saat menampilkan tabel input/hasil analisis lewat perintah Display > Show Tables. Terus yang dipilih yang mana? Ya disesuaikan dengan yang mau kita otak-atik, untuk contoh ini adalah masalah assignment (material) pada penampang, jadi dipilih seperti pada gambar, dan klik OK. Oya, pastikan sebelum memakai perintah ini jenis material penggantinya sudah siap dahulu.

Cara kerja fasilitas ini adalah dengan modifikasi teks input, yang di sini ditampilkan dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah dalam pemakaiannya. Perhatikan pada tabel yang tampil, terlihat semua jenis elemen (balok dan kolom) dan jenis material elemen yang bersangkutan di sebelah kanannya. Jadi, untuk mengganti assignment material penampang tinggal menuliskan nama material pengganti pada isian material saja, untuk semua penampang. Supaya lebih mudah, tabel bisa sementara ditampilkan dalam format Excel dengan klik tombol To Excel.

Nah, dalam format Excel ini tinggal diganti saja nama penampangnya. Misal material untuk balok dan kolom masing-masing diberi nama “Beton-B” dan “Beton-K”, maka pada material kolom ditulis “Beton-K” dan tinggal di-copy ke bawahnya, demikian pula untuk jenis material elemen balok. Ingat, nama material harus sudah ada dahulu dan sesuai ejaannya (misal jangan keliru “Beton-B” dengan “BetonB”), kalau tidak nanti bisa ngadat alias error hehehe…

Kalau sudah, kembali ke tampilan Database Editing SAP2000 (Excel biarkan tetap terbuka), klik From Excel untuk memindah data kembali. Selanjutnya klik Apply to Model supaya perubahan diterapkan ke model, setelah beberapa saat klik Done untuk kembali ke layar utama.

Agar lebih yakin, silakan cek data material pada penampang balok dan kolom lewat Define > Frame Section.

Nah, sudah ganti kan… Bayangkan kalau menggantinya manual satu per satu untuk semua elemen balok dan kolom. Tentu saja ini hanya contoh kecil saja, sekadar menunjukkan kapabilitas dari fasilitas ini, yang sayang bila terlewatkan terutama untuk model yang rumit. Aplikasinya bisa pada bidang/masalah yang lebih luas lagi, misal :

  • Mengubah koordinat beberapa nodal/joint
  • Input koefisien reduksi inersia balok dan kolom
  • Mengganti besar beban pada elemen tertentu
  • Dan lain sebagainya…

Pokoknya inti fasilitas ini adalah agar Anda tidak perlu bersusah payah mengganti secara manual satu per satu, apapun problemnya. Database editing ini akan sangat berguna terutama dalam penyuntingan properties model (material, penampang, beban, dll.) yang tidak bisa dilakukan dalam sekali jalan. Misal mengganti semua penampang kolom K1 dengan K1A akan dengan mudah dilakukan lewat seleksi dan assignment biasa (tanpa fasilitas ini juga bisa, malah lebih cepat), namun mengganti material penampang seperti contoh di atas harus dilakukan satu per satu bila melewati proses biasa (memakan waktu lama), sehingga dengan fasilitas ini akan bisa lebih cepat. Bila diperlukan dan selama memungkinkan, pakailah fasilitas ini agar bisa lebih efektif dan efisien dalam pemodelan. Nggak perlu pake repot…🙂

8 responses to “Interactive Database Editing

  1. mantep tak cobanya nt po
    aku pernah menmuai kasus seperti ini lha karena gak tau ya pake repot ganti satu persatu

  2. wah ini di cari. yang saya anggap ini adalah kekurangan dari SAP2000 dibandingkan dengan Staad tapi terselesaikan dari mas purbo. makasih ya mas saya amalkan dulu nih.
    *ini juga mempermudah untuk mengganti dimensi juga khan mas.

    • Prinsipnya bisa untuk mengganti input apapun (atau setidaknya sebagian besar), intinya input ditampilkan dalam bentuk tabel sehingga mudah diedit, baru akan terasa manfaatnya untuk penggantian input yang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s